Minggu, 29 Maret 2009

APAKAH UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA SUSTAIN?

Bagi saya UKDW adalah bangunan yang Sustain dalam radius 500m Melingkar. Jadi UKDW adalah pusat lingkaran itu. Bagaimana pengaruh UKDW terhadap lingkungan sekitarnya,khususnya 500m melingkar.

Ibarat dari semua itu adalah,UKDW adalah jam dinding,UKDW adalah pusat dari jam dinding itu,dan UKDW akan memberikan perubahan-perubahan terhadap lingkungan sekitarnya,sama halnya jarum jam merubah waktu.

UKDW memang kurang strategis peletakanya”bagi saya”. Tapi pengaruh UKDW sudah sangat besar terhadap perubahan suasana maupun bangunan di sekitarnya. Di sekitar UKDW beberapa tahun yang lalu,mungkin sebelum dibangunya UKDW sangat sepi dan tidak sepadat saat ini,meskipun saya tidak tau persis tapi saya yakin bahwa sebelum UKDW dibangun daerah sekitar UKDW sangat sepi,kecuali kampong Klitren.
Dulu saya yakin kampong klitren adalah kampong yang berpenduduk orang Jogja semua. Tapi,dengan adanya UKDW di dekatnya kampong klitren berubah jadi kampong kost-kostan mahasiswa. UKDW tetap sustain dengan catatan,mahasiswa berprilaku dengan baik dan selayaknya terhadap kampong klitren. Karena banyaknya mahasiswa yang tinggal di dekat UKDW maka banyak PKL-PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di depan kampus UKDW tsb. Tidak hanya radius 20m saja,dalam radius 300m ke kiri dari UKDW juga terkena dampak,ya Sagan. Sagan adalah daerah yang sangat ramai,selain terkena pengaruh dari UKDW sagan juga terkena pengaruh dari UGM. Jadi sagan terkena pengaruh dari 2 sisi iyang hamper sama kuatnya. Sama halnya dengan klitren dan PKL-PKL yang ada di depan UKDW,disana masih tetap sama seperti yang terjadi di daerah dengan radius 20m dari muka UKDW. Sedikit berpengaruh ke RS.Bethesda karena saat mahasiswa sakit kebanyakan mahasiswa menuju ke RS.Bethesda,mungkin hanya itu pengaruhnya. SMA di belakang UKDW?bagi saya itu sangat menguntungkan UKDW,karena saya tau itu sekolah Kristen,paling tidak banyak calon mahasiswa yang akan hadir di UKDW ini. Jadi saat ini mulai dari hiburan,tempat bertahan hidup,makanan,keuntungan,dll berada di sekitar UKDW.

Jadi bagi saya UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA ini Sustai-sustain saja selama berdampak positif bagi lingkungan sekitarnya,dan sampai saat ini masih memberi pengaruh yan positif,semoga berjalan terus seperti ini.

Tapi yang perlu kita amati juga,gedung ini di depanya masih banyak pohon yang lumayan teduh dam struktur bangunan yang masih bagus. Padahal UKDW ada;ah bangunan yang sangat lama. Tapi mencoba mengikuti perkembangan jaman UKDW membangun gedung baru bernama gedung Agape. Gedung ini di bangun juga untuk menarik minat mahasiswa-mahasiswa yang segera bergabung ke UKDW. Ini suatu ketertarikan,dan daya tarik dari masing-masing pihak yang bersangkutan.

Jadi itulah pengamatan saya,semoga bermanfaat bagi semua.
Jagalah lingkungan anda hingga berdampak positif terhadap anada dan lingkungan. Sekian dari saya, Terimakasih.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar